Lebih Dari Sekedar Komunitas Blogger

[caption id="" align="aligncenter" width="384" caption="Nak-kanak Blogger Bangkalan - Madura"][/caption]

Blogger selalu identik dengan menulis, "ber-html dan ber-php ria", seolah tidak acuh dengan kehidupan di sekitarnya. Hal ini yang melatarbelakangi Plat-M sebagai komunitas blogger untuk menjadikan komunitas ini lebih dari sekedar komunitas blogger. Plat-M berusaha menjadi komunitas yang mempunyai kepekaan terhadap kehidupan sosial di sekitar kita.




[caption id="" align="alignright" width="246" caption="Kiai sedang memberikan "wejangan""][/caption]

Setidaknya itulah yang terlihat ketika Ngompol Bareng Plat-M ke-4 yang diadakan 15 Juli kemarin. Nak-Kanak Blogger Bangkalan - Madura sedikit mengubah rutinitas Ngompol Bareng yang biasanya diadakan di Pelabuhan Timur dengan menu wajib kopi darat, tapi kali ini kita mendapat jamuan istimewa dari Kiai Slamet Widodo yang bersedia memberikan tempat di Laboratoriun Softskill - Universitas Trunojoyo untuk mengadakan Ngompol Bareng yang ke-4 kali ini.




[caption id="" align="aligncenter" width="512" caption="Serius melihat film perjuangan Mahasiswa tahun 1998"][/caption]

Jika biasanya kita Ngompol Bareng hanya sharing dan diskusi tanpa media di ruang terbuka dengan ditemani segelas kopi, kali ini kita diberi fasilitas oleh Kiai Slamet untuk mengadakan sesuatu yang berbeda dalam Kopdar, salah satunya adalah nonton bareng film pergerakan Mahasiswa pada tahun 1998. Nak-kanak blogger tampak sangat antusias melihat keberanian kakak-kakak Mahasiswa pendahulu kita melawan ketidakbenaran yang ada di dalam tubuh pemerintah saat itu. Mahasiswa melakukan perannya sebagai agen perubahan dengan baik. Dan ini sedikit berbeda pada saat ini.



Film kedua yang kita lihat berjudul "Aku ingin tetap sekolah", film dokumenter ini setidaknya memberikan kita sebuah potret kehidupan masyarakat di sekitar kita yang terkadang kita lupa dengan keberadaan mereka, film ini menceritakan tentang keinginan seorang putri dari keluarga tidak mampu yang ingin tetap sekolah meski keadaan keluarganya kurang mampu. Semangat anak itu patut kita contoh.


Harapan dari acara nonton film ini ialah membuka hati nak-kanak blogger agar selalu peka terhadap kehidupan sosial di sekitar kita. Jangan hanya berdiam diri melihat sesuatu yang tidak benar, kita harus mulai peduli dan berbuat "sesuatu" meskipun hanya dengan bantuan media Blog.


Setelah nonton film, dilanjutkan dengan sharing bersama Pak Kiai, beberapa acara kedepan menjadi bahasan utama, ada beberapa acara diantaranya :




  1. Lomba Blog bekerja sama dengan BEMFT - Unijoyo dan ITC (UKMFT - Unijoyo)

  2. Len-jelen Bareng (Mengeksplorasi Madura dari dekat), kegiatan ini bertujuan mempromosikan potensi dan kekayaan alam yang dimiliki Madura khususnya Bangkalan di Internet

  3. Workshop Penulisan (content) Blog, bekerja sama dengan dagdigdug.com Plat-M akan mengadakan Workshop Penulisan Blog yang rencananya akan dilaksanakan setelah lebaran.

  4. Kegiatan sosial (penanaman pohon, bakti sosial, buku gratis, dsb). Selain dari acara-acara di atas, Plat-M akan mulai aktif untuk kegiata-kegiatan sosial di daerah Madura, khususnya Bangkalan.


Semoga semua agenda Plat-M ke depan ini dapat terlaksana dengan sukses dan lancar. Semoga!


*foto-foto lengkap bisa diunduh disini (via picasa)*


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama