Madura Juga Tidak Mau Kalah Seru




Roadshow 10 kota Pesta Blogger sudah tiba di Kota ke-8 yaitu Madura. Plat-M sebagai Komunitas  Blogger yang aa di Madura diberi tantangan oleh Panitia Pesta Blogger+ 2010 untuk menyelenggarakan Blogshop dan Mini Pesta Blogger 2010. Nak-kanak Blogger Bangkalan sangat antusias dari awal pemberitahuan bahwa kita menjadi salah satu tempat dari 10 kota di Indonesia untuk mengadakan acara ini. Meski ini adalah kali pertama Madura di pilih menjadi venue Blogshop dan Mini Pesta Blogger sekaligus acara besar pertama yang diselenggarakan Plat-M sejak didirikan 10 bulan yang lalu, tapi kita tidak mau setengah-setengah untuk mengadakan acara ini, kita berjanji mengkonsep acara berbeda dengan kota-kota lain. Awalnya konsep Mini Pesta Blogger kita buat outdoor atau di atas kapal, tapi karena cuaca yang tidak bisa ditebak dan keterbatasan Plat-M, akhirnya kita memilih Rumah Makan sebagai venue Mini Pesta Blogger di Madura.







Sedangkan untuk Blogshop kita memilih Laboratorium Fakultas Ekonomi - Universitas Trunojoyo Target peserta 40 orang untuk acara pagi Blogshop (Blog Workshop) sempat membuat kita pesimis akan memenuhi kuota, karena sampai H-3 cuma 28 orang, tetapi pada hari-H peserta membludak hingga 50 orang yang membuat ruangan Laboratorium Komputer yang sudah berkapasitas 26 komputer harus ditambah beberapa laptop dari teman-teman panitia Plat-M untuk menutupi kebutuhan fasilitas komputer bagi peserta. Kekurangan Laptop sedikit bisa teratasi, ketika beberapa peserta ternyata mendengarkan saran adari panitia untuk membawa laptop sendiri. Besarnya animo dari di daerah Bangkalan pada acara ini dapat pujian dari panitia Pesta Blogger+ 2010 dari Jakarta. Mereka memuji panitia lokal Madura yaitu Plat-M.



Sebagian besar dari peserta sudah mempunyai blog dan akun jejaring sosial seperti twitter dan facebook, hal ini memudahkan tutor untuk memberikan pengertian tentang Blog, selain itu kehadiran teman-teman santri dari Pesantren dan Konsulat Jenderal Amerika untuk Indonesia memberikan kesan berbeda pada acara Blogshop di Madura ini. Selain pengenalan Blog, kita juga mengenalkan Plat-M kepada kalangan pendidikan, mulai dari guru dan siswa hingga akhirnya mereka mengetahui bahwa ada komunitas Blogger di Madura, ini menjadi nilai tambah untuk Plat-M yang masih berumur 10 bulan.



Setelah acara Blogshop selesai, malam harinya kita berpindah tempat ke Rumah Makan Tera' Bulan untuk menyelenggarakan Mini Pesta Blogger yang diberi nama Ngompol Bareng Komunitas. di acara yang bertemakan Merayakan Keragaman Madura ini dipenuhi dengan komunitas di daerah Bangkalan dan sekitarnya yang diundang secara khusus. tidak kurang dari 15 komunitas yang hadir dalam acara ini. di awal acara, tamu-tamu yang hadir dihibur oleh alunan musik khas Madura yang dimainkan oleh teman-teman Nanggala yang merupakan salah satu UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Universitas Trunojoyo.Perwakilan konsulat Jenderal Amerika yang hadir terkesima dengan pertunjukan ini.







Acara di mulai oleh tiga "presenter gadungan" Joko, Darul dan Pak Klebun Plat-M, Wahyu. Ketiganya membuka acara Mini Pesta Blogger pertama di Madura. Dilanjutkan dengan sesi sharing komunitas. Seluruh komunitas yang hadir maju ke depan memperkenalkan komunitasnya satu sama lain. Sehingga suasana penuh keakraban antar komunitas-pun sangat terasa malam itu. Acara lebih istimewa lagi ketika teman-teman Blogger Malang, Blogger Semarang, dan tidak ketinggalan saudara tua Plat-M yaitu Komunitas Blogger Surabaya, TPC (TuguPahlawan.Com).



Pada sesi sharing ini tidak jarang diselingi gelak tawa dari teman-teman yang lain karena gaya kocak komunitas yang memperkenalkan komunitasnya. Sesi Sharing Komunitas sudah selesai, kemudian dilanjutkan dengan makan malam bersama. Nanggala kembali menemani santap makan malam seluruh komunitas dan hadir malam itu. Belum selesai makan, tamu yang hadir dikejutkan dengan pembagian doorprize bagi teman-teman yang mampu menjawab pertanyaan dari "presentar gadungan". Seontak, pembagian doorprize ini membuat suasana kembali ramai, seluruh perwakilan komunitas yang hadir sangat antusias mendengarkan pertanyaan satu per satu dari presenter gadungan. Dilanjut dengan sesi terakhir acara Mini Pesta Blogger 2010 di Madura.



Sesi terakhir diisi dengan pendeklarasian 101 Postingan Tentang Madura sekaligus melaunching media yang akan digunakan 101 Postingan Tentang Madura yaitu berupa blog yang beralamatkan http://tentangmadura.com. Seluruh perwakilan komunitas maju ke depan untuk bersama-sama mendeklarasikan 101 Postingan Tentang Madura sekaligus menjadi saksi dilaunchingnya http://tentangmadura.com yang akan menjadi media untuk merealisasikan 101 Postingan Tentang Madura.




cinderamata untuk US Embassy yang bersedia hadir


Giliran untuk Ketua Panitia Pesta Blogger+ 2010, Mbak Rara.




Kenang-kenangan untuk UKMFE RATI - Universitas Trunojoyo



Kenang-kenangan untuk RM. Tera' Bulan


Tidak terasa rangkaian acara Ngompol Bareng Komunitas sudah selesai, acara diakhiri dengan pemberian cinderamata dan sesi pemotretan. Seluruh komunitas yang hadir semuannya berfoto bersama-sama untuk menjadi kenang-kenangan saat kembali ke tempat masing. Matorsakalangkong & Sayonara!



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama