Tello Areh Ngalateh nge-Blog dherih 0




Wah tak terasa semakin lama kita semakin mendekati tanggal 23 Desember 2010, yang mana pada hari itu merupakan hari dimana kita telah berumur 1 tahun.


Tak terasa setahun lamanya kita telah berdiri, untuk itu kami mengadakan sebuah rentetan acara untuk merayakan hari jadi kami yang pertama ini. Salah satunya adalah acara Pelatihan nge-Blog dari 0 di Universitas Trunojoyo tepatnya di Laboratorium Sistem Informasi (Labsi) yang diadakan selama 3 hari penuh.



Pelatihan nge-Blog ini dimulai dari tanggal 8-10 Desember 2010, dimana pelatihan nge-blog ini dibagi menjadi 2 shift yaitu sore dan malam. Pada sore hari pelatihan ini dimulai dari pukul 15.00 - 18.00 WIB dan pada malam harinya dimulai dari pukul 19.00 - 22.00 WIB.






Sasaran dari pelatihan ini adalah para mahasiswa/i Universitas Trunojoyo dari semua fakultas, jurusan, dan angkatan. Pelatihan ini terbilang sukses dikarenakan membludaknya peserta pelatihan, yang mana pada awalnya kita hanya menyediakan 72 kursi yang ternyata jumlah peserta yang mendaftar lebih dari kursi yang ada yaitu sebanyak 85 peserta.


Dalam pelatihan blog ini terdapat 6 materi yang disampaikan, antara lain :




  1. Cara membuat blog di DagDigDug

  2. Cara mengganti password

  3. Cara mengganti theme

  4. Cara menambah wiget, menambah halama, menambahkan link dan gambar pada postingan

  5. Cara membuat postingan pertama, dan

  6. 20 gaya postingan


Banyak dari para peserta yang tidak mengerti akan apa itu blog dan bagaimana cara menggunakannya, bahkan tak jarang dari mereka yang tidak memiliki E-Mail sehingga hal ini membuat pemateri menjadi kebingungan dalam hal pemberian materi karena mereka harus mengajarkan pula bagaimana cara membuat E-Mail.






Namun, ketidaktahuan mereka sama sekali tidak menyurutkan niat mereka untuk belajar. Penyampaian materi yang santai dan interaktif membuat para peserta semakin antusias dalam mengikuti pelatihan ini. Pertanyaan demi pertanyaan terlontar dari para peserta yang membuat pemateri kebingungan pertanyaan mana yang harus dijawab terlebih dahulu.


Diakhir acara kami mengadakan sayembara akan tulisan yang terbaik dari yang terbaik yang bertemakan tentang Madura. Disini para peserta diharuskan untuk membuat sebuah postingan tentang Madura yang mana nantinya akan diseleksi, dan pemenang dari sayembara ini dapa mengikuti kegiatan kami pada hari sabtu dan minggu yaitu menghadiri ULTAH Komunitas Blogger TPC (Kakak tertua kami).


Demikian berita acara tetang Pelatihan nge-Blog dari 0 yang dapat kami sampaikan. Semoga ini semua dapat bermanfaat bagi sahabat, dan menjadikan suatu motivasi nantinya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama