Kota Sampang


Pantai Camplong di Kota Sampang

Kota Sampang, kota yang secara geografis berada di timur kabupaten Bangkalan dan di sebelah barat Kabupaten Pamekasan ini mempunyai beberapa tempat pariwisata yang menarik dan pantas untuk dikunjungi. Selain menyajikan pemandangan yang tiada duanya, budaya, kuliner serta kehidupan sosial masyarakatnya menggoda kita untuk mengetahui lebih jauh.

Beberapa tempat pariwisatanya juga mengundang selera para pelancong untuk sekedar singgah menikmati keindahan alam kota Sampang. Pantai Camplong merupakan sebuah kawasan yang cukup terkenal di daerah ini karena mempunyai pemandangan laut selatan Pulau Madura. Dari pantai ini kita bisa menyaksikan birunya air laut Selat Madura. Letak pantai ini berada di ujung selatan Pulau Madura. Rambu-rambu lalu lintas di Kota akan memudahkan untuk menemukan pantai Camplong.



Nak-kanak Blogger Madura Plat-M berpose di pinggir pantai Camplong


Berikut penulis akan memberikan beberapa tips dan info yang mungkin bisa bermanfaat apabila anda berniat berkunjung ke salah satu pantai paling terkenal di Madura selain pantai Lombang di Sumenep.

  1. Waktu pagi dan sore hari adalah waktu yang tepat untuk berkunjung ke tempat ini, karena kalau di siang hari kita akan sedikit terganggun dengan sengatan sinar matahari.

  2. Areal parkir lumayan luas, tarifnya Rp2.000/motor.

  3. Selain parkir, anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp2.000/orang.

  4. Apabila anda membutuhkan tempat menginap, tepat di pintu masuk pantai, ada hotel Camplong yang akan memanjakan anda dengan fasilitasnya.

  5. Selain hotel, beberapa restoran ataupun tempat makan di sekitar pantai ini juga banyak terdapat lapak-lapak pedagang yang menjajakan aneka makanan mulai dari rujak, es kelapa muda sampai aneka makanan.

  6. Anda tertarik menyusuri selat Madura dengan menggunakan perahu nelayan? Hanya dengan Rp5.000/orang anda sudah menikmati perahu bersama teman, sahabat, rekan kerja ataupun keluarga anda.

  7. Jangan lupa bawa kamera, karena rugi kalau anda tidak mengabadikan gambar di pantai ini.


Dari Pantai Camplong di pesisir selatan Sampang, kita beralih ke utara sedikit ada Gua Lebar. Sesuai namanya, gua ini mempunyai ruang gua yang lebar dan sangat kokoh. Untuk bisa menyaksikan gua ini, anda perlu menarik gas motor anda sedikit lebih kencang karena gua ini terletak di atas bukit. Sampai di atas, kita akan disambut oleh beberapa Gazebo yang berdiri cantik di atas sebuah bukit. Kita bisa memarkir motor kita di dekat Gazebo. Berikut beberapa tips dan info tentang Gua Lebar, anda harus melihat gua yang satu ini.

  1. Gua ini berada di atas bukit, sehingga apabila anda mengendarai mobil, anda harus menitipkan mobil di bawah, karena untuk naik ke atas rasanya sangat sulit karena jalannya sangat sempit. Anda tidak pelu kuatir dengan keamanan mobil anda, karena masyarakat sampang sangat ramah.

  2. Anda tidak perlu merogoh kocek untuk menyaksikan gua Lebar ini.

  3. Ketika di atas kita akan mendapatkan “hadiah” angin sepoi-sepoi yang sangat bagus untuk merefresh pikiran kita yang sedang pengat dengan pekerjaan.

  4. Selain itu view kota Sampang dari atas dapat kita saksikan dari atas bukit dan merupakan pemandangan yang luar biasa.

  5. Pagi dan sore hari merupakan waktu yang tepat untuk berkunjung ke tempat ini, kalau anda nekat pada siang hari, alangkah baiknya kalau anda menyiapkan payung untuk melindungi anda dari sengatan matahari siang.



Hulk di depan Gua Lebar


Selain kedua obyek wisata di atas, sebenarnya ada beberapa lokasi wisata yang dapat anda kunjungi di kota Sampang ini. Seperti keindahan Masjid Agung Kota Sampang, Waduk Klampis, Hutan Nepa dan masih banyak yang lain.

Untuk kuliner, bebek songkem wajib anda coba, karena menjanjikan sensasi berbeda ketika menikmati bebek untuk yang di kukus. Hmmm yummy! Kalau tidak ada nasi songkem, nasi Kobel bisa menjadi alternatif wisata kuliner anda di kota Sampang.


satu porsi nasi Kobel khas Sampang



oleh-oleh khas Pantai Camplong


*foto lengkap bisa dilihat disini*

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama