Kopdar Blogger Nusantara



Blogger Nusantara


Blogger Nusantara, nama yang cukup mewakili lokalitas Indonesia yang menghargai entitas lokal dan wilayah. Mengingatkan pada kekuasaan dan kesuksesan wilayah Kerajaan Majapahit, dan kejayaan Sultan Agung dari kerajaan Mataram. Istilah nusantara sangat tepat dipakai serta menunjukkan keaslian budaya. Hal yang sulit dikatakan dengan nama negara yang mengacu pada aturan resmi dan terasa baru, nuansa makna 'nusantara' mengingatkan pada kebersamaan wilayah kerajaan-kerajaan kecil masa lalu dan lebih luas menembus administrasi baru, dan tentu saja istilah 'nusantara' sangat berakar dalam bawah sadar kita semua. Menggambarkan kebhinnekaan budaya, adat istiadat dan penghargaan tulus yang tidak berbau politik ataupun ideologi tertentu.

Blogpreneurship dan Sumpah Pemuda


Sebuah gebrakan baru dalam blogpreneurship, blogger nusantara, dimana dalam memperingati hari Sumpah Pemuda di Surabaya, kebangkitan anak muda Nusantara untuk menghimpun kebersamaan menuju kesejahteraan dan kemerdekaannya. Blogger-blogger muda, pekerja, pengusaha dan seniman online, pengusaha online maupun developer dan pengguna internet se-Nusantara, akan memperingati kebangkitan nasionalisme dan menggunakan semangat hari yang bersejarah tersebut untuk bergerak membangun negeri ini dengan frame manifestasi kemerdekaan berekspresi, entrepreneurship, kemandirian, dan kreatifitas dalam ruang teknologi dan informasi.

Gagasan Kreatif Entrepreneurship


Even berjejuluk blogger nusantara mengundang segenap komunitas blogger, komunitas online, maupun figur-figur pribadi pengguna internet di Indonesia untuk datang dan bergabung. Event ini terbuka untuk Blogpreneur, Webpreneur, Facebookpreneur, Googlepreneur, Twitterpreneur maupunpreneur-preneur lainnya yang media sosial dan/atau anda bisa buat sendiri. Bukan sekedar pesta atau sharing akan ada banyak kejutan dalam even bertajuk Blogger Nusantara ini. Kejutan dan gebrakan inipun dapat ditambahi dengan ide-ide dan gagasan baru lainnya yang kreatif, membangun dan jangan lupa harus dapat membuat banyak hati suka.

Register ke Blogger Nusantara


Sila register gratis di http://bloggernusantara.com dan memantau twitter @blognusantara untuk informasi lebih lanjut, urun rembug atau memberikan sumbang saran, pendapat, atau caci maki yang memancing ide baru. Bagaimana caranya even bukan ecek-ecek ini bisa bermanfaat bagi kita semua, untuk lingkungan dan masyarakat, terutama literasi terhadap pendidikan, pemanfaatan teknologi informasi, maupun pengembangan ekonomi baik strategis ataupun berbasis suka-suka. Tidak ada yang salah demi menghindar dari kebangkrutan-kebangkrutan ekonomi hingga perspektif pembangunan yang selalu saja membuat hati kita menggerutu tak karuan, dan tak tahu bagaimana cara mengatasinya. Siapa lagi bila bukan dari semangat menyala dari insan-insan kreatif se-Nusantara dan siapa lagi yang akan menghargainya.

Perhelatan Kopdar Blogger Nusantara rencananya akan dilakukan di Surabaya pada tanggal 28 - 30 Oktober 2011. Blogpreneur menjadi tema dan intinya, monetizing, penulisan, analisa blog, logaritma Google dan SEO tentu menjadi sajian yang nikmat untuk dibahas. Di samping yang namanya kopdar blogger tentu menjadi warna dan nuansa untuk saling lebih akrab.

Kekuatan Blogger Nusantara


Hal sulit dan konyol untuk melawan arus globalisasi dan perdagangan bebas. Bagaimana mensikapinya serta apa sumbangan yang bisa dilakukan jika bukan mengeksplorasi dan memunculkan kekayaan bangsa kita untuk bisa dihargai dan eksis dalam percaturan global dan kompetisi yang ketat. Blogger Nusantara hanyalah sebuah pintu masuk, dengan silaturahmi yang dihadiri sekian banyak individu, akan terbentang berbagai kesempatan dan kerjasama antar pegiat maya. Bagaimana mengawal ide ini menjadi sesuatu yang memiliki kekuatan moral dan kekuatan sipil untuk berkarya demi kehidupannya, menghidupi dan mengembangkan ide bersama secara berkelanjutan.

Blogger Nusantara, dengan pondasi blogpreneur tentu akan menghasilkan sebuah wadah baru berkreasi ala Indonesia yang berhaluan profesional dan matang. Kesempatan besar untuk membuat wadah ini berguna adalah dengan mengedepankan prinsip-prinsip inklusif dan keterbukaan. Akan sangat bermakna ketika blogger nusantara menjadi sebuah payung belajar maupun berkegiatan bersama di pelosok-pelosok tanah air secara mandiri dan dengan wadah bersama tersebut bisa mendapatkan akses dan nilai tawar pada otoritas pemerintah ataupun bekerjasama dengan pihak swasta yang memiliki kepedulian serupa.

Jati Diri Blogger Indonesia


Dengan wadah organisasi atau apapun yang dapat dikelola secara terbuka, blogger nusantara, akan memiliki ciri khas yang menggambarkan keIndonesiaan dengan segala bentuk gagasan yang mencerminkan dan menghargai perbedaan. Mari kita tunggu gebrakan-gebrakan selanjutnya dari kawah candradimuka yang akan diadakan pada akhir bulan Oktober 2011. Tidak lama lagi akan bersliweran tagline dan tentunya curah kreatifitas yang akan di fasilitasi untuk eksperimentasi kebebasan berekspresi internet di Indonesia. Semoga mimpi banyak orang ini bisa menjadi sumbangan bermakna bagi negeri tercinta seisinya.Laughing

Sumber: Ketua Sharing Commite Blogger Nusantara | Suryaden

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama