Blogshop Dalam Rangka HUT #2

Sebulan mendekati HUT #2, Plat-M mengadakan Blogshop Gratis setiap malam kamis selama sebulan di Laboratorium Sistem Informasi - Universitas Trunojoyo Madura, Mulai dari 24 Nopember yang diawali dengan topik Sosial Media oleh Niyasyah. Sesi ini sharing tentang bagaimana Sosial Media di Indonesia.



Setelahnya Farid Ilham share tentang Blogging via WordPress pada malam Kamis berikutnya tepatnya tanggal 1 Desember 2011. Sesi ini belajar tentang konsep awal Blogging dan sedikit praktek nge-Blog di WordPress. Peserta yang kebanyakan maba atau mahasiswa baru UTM sangat antusias. ini terlihat dari sesi diskusi yang terjadi dalam pelatihan tersebut.



Setelahnya giliran saya mengisi tentang kiat menulis, berikut laporan yang juga saya posting di blog saya:




Bertempat di Kampus Universitas Trunojoyo, Plat-M diadakan seperti sesi semi workshop, di depan komputer. Peserta yang hadir cukup memenuhi Laboratorium Sistem Informasi yang sangat mendukung acara ini. Seperti biasa, sebelum presentasi saya pasti memutarkan sebuah video untuk menarik perhatian peserta. 2 video pengenalan Plat-M dan 1 video statistik dari Lini Mas(s)a saya putarkan. Ketiga video cukup memberikan ketertarikan bagi peserta.


Satu demi satu gaya posting yang ada di file pdf yang saya dapatkan dari blog Pak Romi dibacakan. Dengan gaya sedikit ‘melucu’ alhamdulillah para peserta sepertinya sangat tertarik, dan mengaku sudah ada ide kembali untuk posting di blognya. Setelah sesi presentasi, sesi tanya-jawab juga berlangsung interaktif. pertanyaan yang muncul sedikit membuatku repot ketika akan menjawabnya. semoga menjadi ilmu yang bermanfaat bagi para peserta yang hadir



Sesi terakhir, giliran Ahmad Faza yang share tentang SEO (Search Engine Optimization) yang dikemas dalam presentasi yang menarik. Beberapa blogger yang masih newbie juga sangat aktif bertanya berbagai teknik SEO di berbagai flatform yang digunakan untuk nge-Blog. Ternyata teknik SEO dapat meningkatkan trafik blog kita.


Blogshop ini bertujuan untuk peran kontribusi Plat-M untuk dunia pendidikan terutama bagi Mahasiswa dalam menambah wawasan tentang dunia sosial media mulai dari komunitas sampai beberapa teknik dasar untuk menambah 'rasa' ketika kita ngeblog. Dari kegiatan seperti ini harapannya akan ada banyak lagi orang yang ngeBlog dan membuktikan bahwa Ngeblog bukan Trend sesaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama