Pelajar SMA Bangkalan Belajar Pajak

Pajak menurut Pasal 1 angka 1 UU No 6 Tahun 1983 sebagaimana telah disempurnakan terakhir dengan UU No.28 Tahun 2007 tentang Ketentuan umum dan tata cara perpajakan adalah "kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang Undang, dengan tidak mendapat timbal balik secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Sering disebut juga Pajak pusat yaitu pajak yang dipungut oleh Pemerintah Pusat yang terdiri dari:

  • Pajak Penghasilan


Diatur dalam UU No. 7 Tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan yang diubah terakhir kali dengan UU Nomor 36 Tahun 2008


  • Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah


Diatur dalam UU No. 8 Tahun 1983 tentang Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah yang diubah terakhir kali dengan UU No. 42 Tahun 2009


  • Bea Materai


UU No. 13 Tahun 1985 tentang Bea Materai


  • Bea Masuk


UU No. 10 Tahun 1995 jo. UU No. 17 Tahun 2006 tentang Kepabeanan


  • Cukai


UU No. 11 Tahun 1995 jo. UU No. 39 Tahun 2007 tentang Cukai
sumber: wikipedia

Pengetahuan tentang pajak memang harus ditanamkan sejak dini. Budaya taat membayar pajak harus mulai dicangkokan mulai dari sekarang. Remaja menjadi kalangan yang tepat untuk proses “pencangkokan” pengetahuan tentang pajak. “Hari gini ngga bayar pajak? Apa kata dunia!”


Lebih dari 10 SMA se-Kabupaten Bangkalan berkumpul di Bangkalan Plaza. KPP Pratama Bangkalan mengadakan acara Gebyar Generasi Penerus Bangsa, Tax Goes To Campus. Acara ini digelar dengan konsep lomba bernyanyi tiga lagu. Semuanya harus bertemakan Pajak.

Bangkalan Plaza menjadi berbeda dengan hadirnya anak-anak SMA ini. berdandan ala Sakera, Marlena, Pak Haji dari Arab, sampai seperti anak band. Semua sekolah berlomba-lomba menampilkan karya terbaik mereka. Semoga dengan adanya lomba ini bisa memupuk semangat remaja untuk mengetahui tentang pajak. Karena hampir semua aspek di negeri ini berasal dari Pajak

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama