Bagus Tri Handoko Berbagi Tips Menulis Jurnalistik

Plat-M Ngompol Bareng Februari 2014
Ngompol Bareng adalah kegiatan ruting Plat-M setiap tanggal 15 setiap bulannya. Di bulan Februari ini, Plat-M memilih tema jurnalistik dasar. Kegiatan pelatihan ini ditempatkan di Telkom Bangkalan. (15/14).Pelatihan jurnalistik dasar ini berlangsung dengan baik. Para peserta selain anak-anak SMA juga ada santri dari pesantren di sekitar Bangkalan.

 

Kegiatan dengan tajuk Ngompol Bareng Plat-M Ini mengundang salah satu Editor Jawa Pos Radar Madura, Bagus Tri Handoko. Para peserta terlihat berantusias sekali dan memiliki minat untuk menyimak tips-tips dan syarat-syarat menulis berita termasuk juga cara kerja wartawan di lapangan.


Bapak Bagus Tri Handoko juga memberikan penjelasan kepada para peserta tentang kerja wartawan dan fungsi dari editor. Selama kurang lebih 3 jam, para peserta mendengarkan trik dan cara menulis berita dan bagaimana berita yang ditulis bisa menjadi headline sebuah media massa.


Bapak Bagus Tri Handoko juga menjelaskan melalui slide presentasinya beberapa video terkait kerja jurnalistik dan syarat-syarat serta etika menjadi jurnalis. Penjelasan demi penjelasan dalam presentasinya membuat para peserta antusias dan bertanya saat sesi tanya jawab. Ine, salah satu siswa SMA 4 di bangkalan yang datang pada pelatihan ini bertanya kepada pemateri tentang bagaimana menulis berita yang baik dan cara membedakan opini dengan fakta ketika meliput berita.




 

Bapak Tri Bagus Handoko langsung menjawab pertanyaan demi pertanyaan dari peserta. Salah satu jawaban untuk pertanyaan ine tersebut, salah satunya menurut bapak Bagus Tri Handoko adalah harus mencari narasumber pada setiap event atau peristiwa yang terjadi. Upayakan mencari konfirmasi dari si narasumber semisal kita mencari berita tentang pelatihan di institusi atau lembaga tertentu, maka usahakan mencari tahu kepada pihak penyelenggara akan event yang baru dilaksanakannya.


Semoga Ngompol Bareng edisi kali ini bisa bermanfaat bagi teman-teman blogger dalam menulis berita dalam blognya. Sehingga kualitas tulisannya semakin menarik dengan sedikit mengadopsi ilmu jurnalistik.




 

Foto-foto lengkap acara ini ada di sini


@fendichovi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama