Inspirasi dari Sanggar Seni Maduraras



Sanggar seni Maduraras yang dipimpin oleh Pak Ramyadi ini cukup luar biasa. Betapa tidak, sanggar seni yang berasal dari Bangkalan, Madura ini masih bisa bertahan hingga saat ini meski arus globalisasi dan kesadaran masyarakat akan seni dan budaya sedikit demi sedikit mulai memudar. Sanggar dan seni seperti ini harus tetap dijaga demi mempertahankan budaya dan kesenian asli bangsa ini. Sanggar ini beberapa kali mengukir sejarah di ajang lomba tari se-Jawa Timur. Pada acara Blogger Nusantara 2011 kemarin misalnya, Maduraras membawakan tari yang sarat akan makna, tari pertama yaitu tari Tatak.Tari ini terinspirasi dari cerita nyata, tari yang koreografinya terinspirasi dari kejadian nyata ini menceritakan seorang gadis Madura yang gagah berani. Berikut cerita yang menginspirasi koreografi dari tari Tatak. Suatu ketika ketika ada acara Remoh (arisan laki-laki Madura) di sebuah kepada desa di Tanah Merah, Bangkalan. Saat itu remoh dihibur dengan musik sandur khas Madura, tapi suasana berubah mencekam ketika klebun (kepala desa) yang menjadi tuan rumah menampar dengan keras salah seorang pengrawit musik sandur tersebut, seontak suasana berubah menjadi mencekam. Merasa tidak terima, tiba-tiba dari pihak (kerabat) pengrawit musik sandur datang berombongan dengan membawa senjata tajam seperti clurit dan lain-lain. Termasuk seorang perempuan yang datang dan tiba-tiba dengan tanpa rasa takut datang ke hadapan klebun di depan keluarga klebun dengan membawa pedang. Perempuan tadi menantang ‘carok’ klebun. Menjadi pantangan tersendiri bagi laki-laki Madura melawan seorang perempuan. Keberanian perempuan itulah yang dijadikan koreografi tari oleh pengasuh seni tari Maduraras, Pak Ramyadi. Tarian ini sempat menjadi koreografi terbaik pada ajang lomba teri se-Jawa Timur beberapa waktu lalu.



Selain tari Tatak, pada ajang Blogger Nusantara ini, Maduraras juga akan tampil dengan tari Sakera yang dibawakan oleh dua orang penari laki-laki. Dengan elok gerakan dua penari ini menggambarkan kegagahan Sakera di tanah Madura ini.

Semoga sanggar Maduraras dapat menjadi inspirasi bagi sanggar lain yang ada di Madura maupun di Indonesia untuk tetap menjaga kekayaan luhur bangsa ini. Juga bisa menjadi inspirasi masyarakat Indonesia bahwa bangsa ini mempunyai kekayaan budaya yang sangat luar biasa beragam. Mari bersama menduniakan budaya Indonesia!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama