UTM Press : Menantang Produktivitas Para Blogger

[caption id="attachment_3045" align="aligncenter" width="579"] Foto-foto kegiatan UTMPress[/caption]

Komunitas Bloggger Plat-M mendapatkan undangan menghadiri loka karya menulis jurnal ilmiah melalui penerbitan perguruan tinggi, yang diadakan oleh UTM Press di ruang Auditorium pusat Universitas Trunojoyo Madura (3/10/2012).


Loka karya ini dibuka pada jam 09.00 oleh Rektor Univ. Trunojoyo melalui sambutannya yang sangat apresiatif terhadap gerak UTM Press ke depan sebagai media untuk menulis buku dikalangan civitas akademika UTM. Pada sambutan itu, beliau mengemukakan bahwa buku bisa menjadi sarana intelektual. Sebagai bagian dari meningkatkan kompetensi seorang tenaga pendidik, dengan adanya UTM Press ini diharapkan civitas akademika UTM memiliki semangat untuk menulis buku, ujarnya di depan para peserta.


Pada kegiatan ini, hadir beberapa dosen sebagai undangan dari berbagai Fakultas untuk mendengarkan kegiatan loka karya ini. Hadir tiga pembicara yang dimoderatori oleh bapak Slamet Widodo, yang menjadi kepala UTM Press saat ini.


Dr. Jazimi Hamidi, SH, MH. Dalam pengantarnya menjelaskan tentang managemen penerbitan berbasis kampus. Dalam paparannya, Pak Jazimi menceritakan unsur-unsur yang harus dipertahankan sebagai jantung Universitas adalah meliputi, pertama, laboratorium, perpustakaan dan penerbitan.  Kalau ketiga jantung itu tidak berjalan, maka eksistensi sebuah universitas akan sedikit banyak sulit untuk berkembang dan menjadi ladang menggarap ilmu pengetahuan.



https://twitter.com/plat_m/status/253333725562155009

Bapak Musthafa Lufti sebagai pemateri berikutnya hanya menekankan bahwa tipe orang menulis itu bisa karena menulis untuk hidup atau hidup untuk menulis. Serta bagaimana menulis buku-buku populer. Dan dia memberikan penegasan bahwa proses itu bisa didahului dengan membaca, berfikir dan bercinta untuk tahan menulis.


Pembicara terakhir adalah bapak Jasmadi, seorang penulis berbakat yang mengutarakan materinya tentang kiat-kiat membangun relasi dengan penerbit. Serta bagaimana mendapatkan sumber tulisan untuk konteks saat ini, beliau menganjurkan untuk sering membuka internet, dan membaca buku serta mencari sebanyak mungkin pengalaman. Kegiatan ini berakhir jam 12.00 setelah terjadi diskusi antara peserta dan pemateri.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama