Jujur, Berkah yang Tersembunyi

berani jujur


Gambar:?orangjujurhebat.blogspot.com


Saya paling suka dengan orang-orang yang jujur. Itu menguntungkan. Orang jujur hari ini merupakan mutiara yang mulai langka. Ia hanya dimiliki sebagian orang sedangnya kebanyakan orang lainnya berlaku tidak jujur. Kejujuran merupakan teman yang paling disukai dalam hidup bermasyarakat. Orang jujur akan mampu menghadapi persoalan hidupnya dengan jujur. Setiap orang yang menjalani hidup dengan jujur akan beruntung. Ia akan beruntung dengan kejujurannya. Tetapi pendapat saya ini menjadi salah ketika ada orang jujur lalu menjadi hancur karena beberapa tindakan pihak tertentu yang tidak suka dengan orang-orang jujur.


Kejujuran selalu memberikan berkah yang tersembunyi. Kejujuran selalu memberikan harapan untuk didengarkan oleh orang lain, diminta nasehat dan juga diberi amanah karena kejujurannya. Kejujuran terkadang memberikan berkah tersembunyi dan ia akan beruntung dengan sikap kejujuran yang dipeliharanya. Jika ia kemudian ingkar janji, maka sedikit sekali orang yang akan mempercayai semua ucapan dan janji-janjinya di kemudian hari.


Di dalam masyarakat Madura, orang jujur sangat dihargai dan diteladani. Mereka adalah kawan yang menyenangkan sekaligus memberikan kedamaian. Hari ini mungkin banyak juga orang-orang yang tidak jujur, tetapi kita harus tetap percaya bahwa orang jujur akan selalu selamat. Beberapa hal yang bisa saya tuliskan adalah :


Pertama, orang jujur akan senantiasa menarik dan bisa dijadikan patner yang menguntungkan. Orang jujur bisa menjadi teladan dan juga mampu dipercaya dibandingkan orang yang tidak jujur.


Kedua, orang jujur selalu mengedepankan kejujuran meskipun itu pahit dirasakan daripada hasil yang hanya menguntungkan kehidupan sesaat saja. Orang jujur selalu memiliki keyakinan bahwa segala hal yang dilakukan dengan tidak jujur, itu akan mendatangkan malapetaka di kemudian hari.


Seperti pepatah Madura mengatakan bahwa "oreng djudjur mate ngonjur" yang bisa diberi makna bahwa orang jujur matinya pun dalam keadaan yang baik. ia mati meninggalkan kepercayaan orang lain. Ia berbeda dengan orang yang suka melanggar janji, sehingga segala ucapannya terkadang kurang begitu cepat dipercayai oleh orang lain. Sudahkah anda jujur hari ini?


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama