SEJUKNYA ALAM MANGROVE KEDATIM!

Kabupaten Sumenep tak hanya menjadi sebuah Kabupaten yang sangat potensial, setelah bergeliat memunculkan beraneka ragam wisatanya Sumenep menyandang status "The Soul of Madura Island" gelar tersebut memang pantas di sematkan kepada Kabupaten di ujung timur Madura tersebut. Sumenep sendiri memiliki sejumlah wisata yang tak kalah bagusnya dengan wisata yang ada di beberapa Kabupten di Pulau Madura.

Sumenep kini tengah bergeliat untuk menampilkan wisata yang ikonik diberbagai daerahnya, tak tanggung-tanggung kali ini kita sedikit bergeser ke sebelah barat dari Pantai Ekasoghi, kali ini kalian di ajak untuk menikmati keindahan alam khas hutan mangrove, memang benar sekali inilah The Hidden Paradise Mangrove yang ada di Kabupaten Sumenep, mau tau yuk simak ulasannya disini, apa aja sih yang ada didalamnya?

HARGA TIKET WISATA MANGROVE KEDATIM

Kali ini kita diajak untuk mengeksplore Wisata Hutan Mangrove Kedatim, wisata yang satu ini tak kalah kerennya dengan wisata yang ada di Kabupaten Sumenep lainnya loh, pasalnya menawarkan keindahan hutan mangrove, terus harga tiket masuknya berapa ya? tenang kalian gak usah khawatir untuk harga tiket masuknya cukup murah kok gak sampai menguras kantong keuangan kalian. 


Ya, para pengunjung dikenakan tiket masuk yaitu Rp. 10.000,-/orang sudah dapat menikmati keindahan dan pesona Hutan Mangrove Khas Kedatim tersebut. Pastinya kalian bertanya juga nih biaya parkir disana berapa? untuk harga parkirnya sendiri cukup murah kok dengan harga bersahabat yaitu Rp. 3.000,-/motor dan Rp. 5.000,-/mobil. Murah banget kan tentunya bikin kalian puas buat melihat-lihat apa yang ada di sana. Tunggu apa lagi yuk kesana.

FASILITAS WISATA MANGROVE KEDATIM (WMK)

Setiap tempat wisata tentunya pasti memiliki berbagai fasilitas untuk memberikan kenyaman bagi para pengunjung tentunya hal ini yang dilakukan oleh Pihak Pengelola Wisata Mangrove Kedatim (WMK) untuk mengembangkan fasilitas yang ada demi memberikan pelayanan terbaik bagi para pengunjung, kira-kira fasilitas apa saja yang ada di wisata tersebut, yuk check it out, berikut beberapa fasilitas yang ada di Wisata Mangrove Kedatim (WMK) :

  • 1.      Lobby Tiket (Tempat Pemesanan Tiket Masuk)
  • 2.      Gazebo
  • 3.      Break Area
  • 4.      Toilet
  • 5.      Cafe
  • 6.      Wahana Spot Selfie
  • 7.      Musholla

Untuk sementara waktu fasilitas yang ada disana terus dikembangkan sejauhnya ini telah mencapai 40% , rencananya Pihak pengelola menambah sejumlah fasilitas lainnya salah satunya ialah fasilitas mainan yang rencananya akan digunakan sebagai edukasi bagi anak-anak TK dengan tujuan mengenalkan edukasi mangrove.


EDUWISATA BERBASIS HUTAN MANGROVE

Selain digunakan sebagai objek wisata alam, hutan mangrove yang disana digunakan sebagai tempat melestarikan berbagai jenis hutan mangrove dari oknum yang tidak bertanggung jawab, tak hanya itu kedepannya Hutan Wisata Mangrove Kedatim tengah mempersiapkan wisatanya untuk dijadikan wisata berbasis Edukasi Wisata untuk berbagai jenjang pendidikan.

Hutan Mangrove bukan saja berfungsi untuk menjaga kelestarian bumi tapi sebagai salah satu wahana wisata edukasi dan pilihan berlibur bagi keluarga. Akhir-akhir ini banyak tempat yang tersebar diseluruh daerah di Indonesia yang menyediakan wisata Hutan Mangrove. Seperti di Hutan Mangrove Kulon Progo Yogyakarta yang banyak memberikan fasilitas wisata untuk berlibur.

Hutan bakau atau disebut juga hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh di air payau dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Hutan ini tumbuh khususnya di tempat-tempat di mana terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik. Baik di teluk-teluk yang terlindung dari gempuran ombak, maupun di sekitar muara sungai di mana air melambat dan mengendapkan lumpur yang dibawanya dari hulu.

Mengapa harus Hutan Mangrove? Tahukah kalian jika banyak sekali Manfaat Hutan Mangrove atau Hutan Bakau untuk Kehidupan Alam jadi sangat layak untuk dikembangbiakkan, beberapa manfaatnya adalah Bahan untuk membuat Arang Kayu, Bahan Pewarna dan Kosmetik, Bahan Pangan dan Minuman selain itu tempat berkembangbiak berbagai biota laut seperti Kepiting Bakau, Biawak, Udang, dll

Pelestarian Hutan Mangrove sangat penting karna juga untuk melindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan oleh air laut, serta meredam gelombang besar seperti Tsunami yang banyak terjadi terutama di Jepang.

PROTOKOL KESEHATAN

Dimasa Pandemi Covid-19 aturan protokol kesehatan dijalankan oleh pihak pengelola Wisata dimana aturan tersebut mengikuti arahan dari Pemerintah untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Protokol kesehatan tersebut berupa : memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjaga jarak minimal 1-2 meter, menjauhi kerumuman, dan sebagainya.

LOKASI WISATA MANGROVE KEDATIM

Untuk menuju kawasan wisata tersebut pengunjung dapat menempuh jarak kurang lebih 15km dari kota atau alun-alun Sumenep dengan jarak tempuh 20-30 menit berkendara. Lokasinya tersendiri berada di Jl. Pelabuhan, Dusun Ro'soro, Kebundadap Timur, Saronggi, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur 69467 Jam operasional wisata yaitu buka dari Jam 07.00 - 21.00 WIB.

TOUR GUIDE


Berwisata akan lebih aman dan nyaman jika ada pendamping atau guide yang menemani juga memberikan banyak wawasan mengenai tempat yang dituju dan lain sebagainya, jika Anda membutuhkan Guide maka kami sarankan menggunakan Tour Guide "Madura Indah Wisata" yang sudah bersertifikasi dan berpengalaman mengantar tamu nasional maupun internasional selama di Pulau Madura, untuk lebih lanjut silahkan hubungi Saudara Vicky Faisal di : +6287850035899.


BACKPACKER BANGKALAN

Halo, selamat datang di blog Backpacker Bangkalan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama